FITRAPEDIA

  • Ahmad Arli Hikmawan

Perkara Zikir dan Doa

Salam Mas Arli,jikalau berkenan menjawab pertanyaan saya pengen bertanya ;


1.Bolehkah dalam pelaksanaan dzikir dan doa yang diberikan bolehkah saya membacanya setengah ² misalnya sesudah sholat subuh Al Fatihah dari nomor 1-2 dan dzikir 1-2 dan doa full(semua) 1-2 dan sisanya dilanjutkan di waktu sholat isya?

2.Apakah dzikir dan doa yang diberikan ini boleh dipakai buat ziarah kubur?Dan jika boleh apakah harus membaca semuanya dalam sekali duduk atau membaca yg khusus untuk orang mati saja?

3.Apakah setelah mati dan untuk mengisi waktu luang menunggu reinkarnasi boleh mengamalkan dzikir dan doa ini?Dan apakah jika saya malah nyangkut bolehkah saya mengamalkan dzikir dan doa ini?

 

1. Yang penting tetap urut, sebagaimana sudah tertulis urutannya di buku. Dan Al-Fatihah 113x kalau bisa jangan terputus sama sekali.

2. Boleh.

3. Boleh.

Pokoknya selain peraturan yang tertulis di buku, silakan disesuaikan dengan akal sehat sendiri yang dikendalikan Fitrah. Ketahuilah, bahwa ketika saya bilang Boleh atau Tidak Boleh di sini, bukan berarti semua Irodat Anda tersebut sudah pasti diterima. Anda sendirilah yang berhak dan berkewajiban untuk berusaha bagaimana caranya semua ibadah yang Anda lakukan diterima oleh Allah.