FITRAPEDIA

  • Ahmad Arli Hikmawan

Perkara Keberadaan & Lapisan Manusia

Assalamu alaikum

Manusia adalah interaksi antara jazad dan roh, dan keduanya adalah ciptaan Allah SWT, pertanyaan adalah

1. Dimana letak fitrah manusia sebagaimana sifat nya bayi saat lahir yang suci bersih?

2. Dimana persamaan manusia mulai dari zaman Nabi Adam hingga akhir kejadian Manusia kelak?.

3. Bagaimana sinergi antara jazad dan roh dalan mendirikan sholat?

4. Bagaimana aktivitas Roh saat Jazad mendirikan sholatnya?

5. Lalu dimana letak tuma'ninah (tenang setelah bergerak) baik dari jazad maupun Rohnya, sehingga terjalil kesetaraan diantara keduanya.

terima kasih

 

Salam. Sudahkah Anda menonton semua video di Channel ini dari awal hingga akhir? Sebab jika belum akan ada konteks-konteks yang terlewat dan pemahamannya menjadi tidak lengkap. Dan hal ini merupakan hal yang terbersit dalam pikiran saya ketika melihat pertanyaan Anda. Jika belum, mohon ditonton semuanya terlebih dahulu.

Jawaban singkat:

Fitrah asalnya bukan dari alam semesta sini. Jadi tidak bisa digambarkan sebagaimana mendeskripsikan benda materi yang kita ketahui selama ini. Bukan terbuat dari atom, sel, ataupun unsur apapun yang bisa temui di alam semesta. Penjelasan yang lebih lengkap dari ini, saya belum cukup punya pengetahuan untuk bisa menjelaskan dengan detil. Mungkin di masa depan.

Dan bayi itu tidak bersih dan suci jika dilihat menggunakan standar/kacamata ilmu kebenaran. Ketika manusia baru pertama kali lahir, justru level keimanannya paling rendah. Setelah mengalami ujian kehidupan dan luluslah, seorang manusia baru meningkat kedudukannya di hadapan Allah.

Bayi itu diasumsikan suci karena memang rentang kodrat-irodatnya masih sangat terbatas. Belum bisa ngapa-ngapain. Kualitas seorang individu manusia itu baru ketahuan secara nyata, setelah mengalami ujian kehidupan: artinya setelah bisa berbuat kesalahan dan memilih untuk tidak melakukannya. Bukan karena sejak awal memang tidak bisa.

Ini jawaban singkat dari pertanyaan pertama.

Seharusnya setelah menonton, Anda sudah bisa mengambil kesimpulan ini sendiri. Begitu juga dengan pertanyaan-pertanyaan yang lain. Mengapa tidak bisa? Entahlah. Apakah sudah menonton semua atau belum?

Jika Anda sudah menonton semuanya, jawaban atas pertanyaan-pertanyaan Anda tersebut otomatis akan terjawab sendiri. Terlalu panjang jika saya jelaskan di sini, karena itu sama dengan berusaha memasukkan informasi semua video di sini dalam satu paragraf.

Oh, dan cek juga ayattersirat.com/fitrapedia dan komentar-komentar di video-video lain di Channel ini untuk mendapatkan gambaran lebih detil informasi yang belum atau tidak dibahas di video.

Terima kasih.