FITRAPEDIA

  • Ahmad Arli Hikmawan

Penyebab kematian manusia?

Kenapa kebanyakan org mati karna gara gara sakit atau kecelakaan, jarang sekali org yg meninggal karna emang sudah tua ?

 

Halo, terima kasih atas komentarnya. Ini sekedar diskusi, ya. Jadi tolong jangan dianggap sebagai kebenaran absolut. Jadi begini pemikiran saya. Jika kita melihat dari perspektif Yang Maha Kuasa, hubungan dengan Allah, sebenarnya kenyataan itu bukanlah sebuah masalah. Ketika seorang manusia waktunya udah habis, udah dipanggil oleh Yang Maha Esa, nggak peduli caranya, ya, manusianya akan mati. Apabila manusianya suka makan sembarangan dan nggak terkendali, ya kemungkinan matinya karena sakit jadi besar. Apabila manusianya suka menghabiskan waktunya di antara mesin-mesin yang berbahaya atau berkendara, ya kemungkinan matinya karena kecelakaan juga semakin besar. Nah, jika kita melihat dari perspektif manusia, akal sehat. Kesimpulan tersebut bisa jadi hanya karena bias aja, artinya karena kesimpulannya diambil hanya berdasarkan anekdot, tanpa ada data yang jelas dan lengkap. Bayangkan skenario ini, di masa lalu orang meninggal "karena tua" itu bisa jadi karena ilmu kedokteran belum cukup maju, sehingga meskipun sebenarnya sakit, kita nggak bisa tahu aja. Jadi kalau kita punya alat sekarang terus kita kirim ke masa lalu, mungkin baru ketahuan sebenarnya bukan karena tua, tetapi sebenarnya sakit. Itu satu. Dua, bias itu ada kemungkinan karena "survival of the fittest". Apa maksudnya? Artinya kita bisa ingat bahwa mereka meninggal karena tua, karena emang mereka adalah manusia-manusia yang relatif sehat jika dibandingkan manusia lain yang lahirnya di generasi yang sama, umurnya deket. Terus kenapa? Ya mereka yang relatif nggak sehat kemungkinan nggak kita ingat, karena mereka udah mati duluan pas baru lahir atau pas remaja, gara-gara nggak ada ilmu pengobatan yang cukup canggih. Dengan kata lain, di zaman dulu pilihannya cuma ada dua. Entah kamu sehat banget sehingga bisa mati tua, atau kamu dikit aja melenceng dari kesempurnaan kesehatan pasti bakalan mati pas muda atau pas kecil. Masuk akal? Yah, ini cuma sekedar pemikiran pribadi. Sama juga dengan kecelakaan, karena sekarang banyak banget alat yang membantu manusia dalam segala hal, nggak kayak dulu.

 

Makasih mas🙏 urip kui ngunduh🙏