FITRAPEDIA

  • Ahmad Arli Hikmawan

Alam Rohani

Alam Rohani merupakan tempat roh suci berasal, sebuah dimensi yang berbeda sama sekali dengan alam nyata tempat manusia saat ini berada.

Sejak awal sejarah umat manusia, telah beredar kabar mengenai alam ini yang selalu digembor-gemborkan begitu indah, tidak berisikan begitu banyak penderitaan dan tantangan sebagaimana alam nyata ini. Informasi ini jika dirunut ke awal sebenarnya berasal dari keempat Muhammad yang berusaha memperkenalkan alam semesta ini kepada anak-anak mereka, umat manusia.

Sayangnya, dalam kenyataannya, manusia tidak mampu mencapai alam rohani karena terlanjur terkotori oleh nafsu. Fitrah manusia tidak murni lagi seperti dulu sehingga tidak mampu untuk kembali ke alam rohani.

Selain itu, karena tidak ada satu fitrah pun yang mampu mencapai standar yang diberikan oleh Yang Maha Esa sebelum kembali, roh-roh mati seringkali salah mengenali alam fana sebagai alam rohani.

Alam rohani merupakan tempat yang sama sekali berbeda dengan alam fana. Alam rohani hanya bisa dicapai oleh manusia, ketika tujuan penciptaannya di alam nyata ini sudah tercapai, yaitu ketika seorang manusia sudah mampu secara total mampu mengendalikan nafsu yang ada di dalam dirinya sendiri.