FITRAPEDIA

  • Ahmad Arli Hikmawan

7 Lapisan Keberadaan Manusia

Manusia terdiri dari:

1. Jasad, meliputi keseluruhan jasmani luar, yang meliputi seluruh tubuh gerak ataupun organ dalam manusia yang dapat dilihat dan dirasakan

2. Pikir, berada di bagian jasmani dalam. Bagian dari manusia yang mampu mengenali rangkaian sebab-akibat dalam segala hal, nalar.

3. Akal, berada di bagian jasmani dalam. Bagian dari manusia yang berada di antara pikir dengan rasa, intuisi.

4. Rasa, berada di bagian jasmani dalam. Bagian dari manusia yang seringkali disebut sebagai emosi.

5. Nafsu, bagian dari jasmani dalam yang tercipta ketika roh suci disatukan dengan jasad hewan yang merupakan bahan eksperimen Nur Muhammad di masa lalu. Sifatnya mengotori hati.

6. Hati, jembatan antara bagian jasmani manusia dengan rohani manusia yang tercipta ketika penggabungan tersebut oleh Nur Muhammad. Hati menentukan kecenderungan tindakan yang dilakukan manusia. Jika dikendalikan nafsu, maka manusianya akan bertindak dan menggunakan bahan bakar rasa aku, rasa suci, dan rasa minta puji. Jika dikendalikan fitrah, maka manusianya akan bertindakan dan menggunakan bahan bakar kasih sayang, empati, dan kebermanfaatan.

7. Fitrah alias Roh Suci, berada di bagian rohani manusia. Fitrah dalam diri manusia merupakan kombinasi serpihan dari inti keberadaan keempat Muhammad, yang disusun kembali oleh Jibril setelah keempat Muhammad gagal menyatukannya dengan jasmani hewan. Jibril jugalah yang kemudian meniupkan serpihan-serpihan roh suci ini ke dalam jasad Eva dan Ifrit, dan anak-anak keturunan mereka. (Keterangan lebih lanjut, tonton seri "Kehidupan dan Kematian")